Cara Beternak Ayam Potong Dengan Langkah Mudah

Mencari peluang usaha yang menguntungkan tanpa kesulitan yang berarti memang terkenal susah susah gampang. Mengapa demikian? Karena sebenarnya semua usaha jika dilakukan dengan ketekunan, optimis dan keuletan maka akan menghasilkan seperti melakukan cara beternak ayam potong yang memang sudah banyak orang yang melakukannya tetapi tidak dilakukan secara optimal sehingga mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Cara Beternak Ayam Potong Bagi Pemula Yang Ingin Berwirausaha

Para wirausaha yang telah terlebih dulu melakukan budidaya ayam potong atau ayam pedaging/broiler dan menghasilkan keuntungan besar, tentunya tahu cara beternak ayam pedaging yang baik dan benar. Oleh karena itu, bagi pemula yang ingin menjalankan usaha ini, kami akan memberikan beberapa informasi bagaimana melakukan cara supaya usaha beternak dapat dijalankan dengan mudah tanpa kendala yang berarti.

Baca juga: Cara Budidaya Lovebird Yang Menguntungkan

Kandang Ayam Potong

Ayam broiler merupakan ayam yang memiliki daya tahan tubuh lebih rendah daripada jenis ayam peliharaan lainnya. Oleh karena itu, pemeliharaan ayam potong sangat perlu diperhatikan dengan sebaik-baiknya sehingga kandang harus memiliki sirkulasi udara yang cukup, dekat dengan sumber air dan usahakan jauh dari keramaian dan pemukiman warga supaya ayam tidak mudah stress.

Bibit Berkualitas

Untuk pemula yang ingin mencoba terlebih dahulu peluang usaha ini, bisa melakukan cara beternak ayam broiler 100 ekor. Biasanya, ayam jenis ini bisa diperoleh dari supplier yang dapat dibeli per box yang isinya adalah 100 ekor. Untuk memilih bibit yang baik, anda perlu memperhatikan ciri fisiknya yaitu dari bentuk tubuhnya yang bulat, hidung dan anus yang bersih, mata jernih dengan gerakan yang lincah.

Perhatikan Suhu Ruang

Cara beternak ayam potong yang baik dan benar adalah selalu memperhatikan suhu ruangan sesuai umur ayam tersebut baik tipe kandang panggung ataupun litter sehingga ayam tetap bisa beradaptasi dengan baik. suhu ruang yang sesuai pada umur ayam 1-7 hari yaitu 32-34 derajat celcius, 8-14 hari yaitu 27-29 derajat celcius, 15-21 hari 25-26 derajat celcius, 22-28 hari 23-24 derajat celcius dan untuk umur 29 hingga masa panen adalah 21-23 derajat celcius.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Nila Pada Kolam Terpal

Pakan Dan Minum Ayam Broiler

Pakan merupakan penentu dari cara memelihara ayam pedaging supaya cepat besar dan sehat. Pakan tersebut juga harus memiliki beberapa zat diantaranya adalah lemak, protein, karbohidrat, mineral, kalsium, phospor dan vitamin. Perlu diperhatikan juga bahwa terdapat dua kategori pakan yaitu pakan starter untuk ayam umur 1-20 hari dan pakan finisher untuk ayam umum 21 hingga masa panen. Pastikan juga bahwa air minum ayam tidak pernah kosong dan diganti setiap hari.

Vaksinasi

Pemberian vaksin merupakan tips cara sukses beternak ayam potong supaya tidak mudah sakit atau menghindarkan ayam potong dari segala bibit penyakit gumboro atau penyakit lainnya. Untuk pemberiannya biasanya dilakukan sebanyak 2 kali saja dalam sekali produksi yaitu saat ayam berumur 4 atau 5 hari dengan cara meneteskan cairan vaksin di mata ayam dan umur 21 hari dilakukan suntikan pada bagian dadanya.

Berdasarkan cara beternak ayam potong diatas, tentunya anda memiliki sedikit gambaran bagaimana usaha ini akan dijalankan tanpa kendala yang bisa menyebabkan kerugian yang besar karena dalam prakteknya tentu ada hal yang perlu anda hadapi dan menemukan solusinya dengan bijak. Tidak hanya itu saja, setiap usaha juga perlu ketelatenan dan ketekunan serta mood yang baik supaya mendapatkan hasil yang memuaskan.
Fernand J.E Fivie Erlina Saya hanyalah blogger pemula yang hobi menulis dan berbagi pengalaman

0 Komentar