Kemudahan Budidaya Semut Rangrang Dengan Keuntungan Yang Menggiurkan

Untuk memulai usaha yang bisa menghasilkan terkadang banyak orang merasa bingung dan kesulitan. Salah satu contoh usaha yang jarang digeluti oleh kebanyakan orang dan masih asing adalah budidaya semut rangrang. Biasanya orang-orang akan lebih membudidayakan ikan atau hewan lainnya tetapi disini kami akan membagi informasi tentang cara membudidayakan semut rangrang untuk mendapatkan kroto berkualitas yang dijadikan makanan untuk burung dan hewan peliharaan lainnya.

Cara Budidaya Semut Rangrang Mudah Bagi Pemula

Dalam Menjalankan suatu usaha memang tidak bisa langsung menghasilkan suatu keuntungan yang besar, semuanya butuh proses sebelum akhirnya menjadi usaha yang menguntungkan. Oleh karena itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu cara dalam melakukan bisnis kroto semut rangrang. Bisnis ini menjanjikan jika anda penuh ketekunan dalam menjalankan usaha ini sebaik-baiknya karena masih banyak orang menganggap usaha ini sebelah mata.

Baca juga: Cara Mudah Melakukan Budidaya Kroto Beromset Jutaan

Membuat Tempat Tinggal Semut

Langkah awal dalam membudidayakan semut rangrang, anda memerlukan tempat tinggal yang nyaman bagi semut sebagai cara berkembang biak semut dengan baik. Ada beberapa cara supaya anda dapat menghasilkan kualitas semut rangrang dan kroto yang baik sebagai bisnis yang akan anda jalani, diantaranya adalah pemilihan tempat tinggal sang semut itu sendiri, diantaranya adalah

Bambu

Budidaya kroto dengan bambu menjadi salah satu media yang sangat ekonomis jika dilakukan didaerah yang memiliki bambu yang melimpah. Bambu yang disediakan sebaiknya berukuran 40cm, diameter 7cm dengan kedua sisi yang berlubang dan beberapa daun yang dimasukkan kedalamnya.

Paralon

Perawatan dan daya tahan paralon untuk pembuatan tempat semut rangrang untuk berkembang biak dengan cahaya sangatlah cocok. Selain itu ukuran panjang paralon juga disesuaikan berdasarkan rak dan mudah disusun sesuai keinginan dengan diameter 12cm.

Toples

Tempat tinggal selanjutnya adalah toples yang transparan, dimana anda dapat kapanpun memantau semut. Cukup menyediakan beberapa toples untuk dilubangi dengan ukuran 5-7cm pada bagian bawahnya. Lubang yang dibuat tersebut sebagai tempat untuk sirkulasi udara.

Bibit Budidaya Semut Rangrang

Ada beberapa cara untuk budidaya semut rangrang yaitu mengambilnya dari alam secara langsung atau membeli bibit melalui peternak yang terlebih dahulu menjualbelikannya. Jika anda mengabilnya dari alam, bisa dikatakan itu hal yang sedikit rumit karena saat ini semut rangrang sudah sangat jarang dan akan merusak habitat aslinya, sedangkan cara mudahnya adalah membeli dari peternak.

Baca juga: Cara Beternak Lele Dengan Mudah Tanpa Proses Lama

Pemberian Makanan Semut Rangrang

Supaya semut rangrang dapat dengan mudah menghasilkan kroto yang berkualitas, selain tempat tinggal dan bibit yang bagus juga diperlukan makanan guna menunjang perkembang biakannya juga. Oleh karena itu, anda harus memberikan pakan seperti ulat hongkong, jangkrik atau bisa juga remah remah makanan. Selain itu, jangan lupa memberikan larutan gula sebagai pengganti nectar.

Memanen Kroto

Biasanya semut rangrang akan menghasilkan kroto setelah beberapa hari, tetapi ada baiknya anda menunda pemanenan hingga 3-5 bulan supaya kroto yang dihasilkan berlimph dan koloni dari hewan tersebut bertambah banyak guna memperoleh hasil yang lebih banyak. Cara memanennya adalah gunakan sarung tangan dan saringan dengan lubang yang muat untuk menyaring kroto dan wadahnya juga.

Dalam budidaya semut rangrang tersebut, anda perlu analisa budidaya kroto terlebih dahulu juga sehingga dalam sistem jual belinya, anda akan mendapatkan gambaran seberapa modal dan khasil yang akan didapatkan untuk melakukan ternak semut rangrang yang masih banyak dianggap sebelah mata oleh kebanyakan orang ini.
Fernand J.E Fivie Erlina Saya hanyalah blogger pemula yang hobi menulis dan berbagi pengalaman

0 Komentar