Cara Beternak Belut Dengan Langkah-Langkah Mudah

Nutrisi yang terkandung dalam belut untuk kesehatan manusia tidak bisa diragukan lagi diantaranya adalah kalsium 20mg, fosfor 200mg, vitamin A 1600SI, B 0,1 mg, C 2mg dan masih banyak lagi. Selain itu ikan tawar jenis ini juga banyak diminati karena memiliki citarasa yang lezat. Jika anda tertarik melakukan usaha membudidayakan belut maka anda cukup melakukan cara beternak belut dengan langkah-langkah mudah yang akan kami berikan khusus untuk anda untuk memperoleh keuntungan besar

Langkah-Langkah Mudah Sebagai Cara Beternak Belut

Permintaan belut menjadi kian banyak setelah konsumen mengetahui kandungan didalamnya. Dengan begitu dapat menjadi peluang anda dan bisa melakukan cara beternak ikan belut yang akan menghasilkan pendapatan yang besar, anda perlu melakukan beberapa langkah yang kami berikan. Langkah ini sangat mudah dilakukan tetapi juga memerlukan ketekunan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak mengalami kerugian, berikut langkahnya:

Tempat Cocok Untuk Beternak Belut

Cara budidaya belut untuk pemula yang pertama adalah membuatkan tempat untuk membudidayakan belut itu sendiri. Terdapat beberapa pilihan tempat untuk memelihara belut yaitu kolam terpal yang idealnya jika belut berisi 50 hingga 100 ekor maka tempat berukuran 1 meter persegi. Kedua tong/drum yang disampingnya dibuat lubang memanjang, selanjtnya adalah bak semen dan bak fiber dengan memberikan sistem center drain untuk memudahkan mengganti air.
Baca juga: Cara Mudah Melakukan Budidaya Kroto Beromset Jutaan

Bibit Belut

Dalam melakukan cara beternak belut yang berkualitas, anda harus memilih bibit belut yang baik supaya hasilnya juga berkualitas. Pemilihan bibit tersebut harus memperhatikan beberapa aspek yaitu memilih anakan belut yang terbebas dari luka apapun, lincah dan tidak lemas ketika dipegang atau saat berenang. Selain itu, dalam memilih bibit belut, usahakan keseluruhan bibit memiliki ukuran yang sama sehingga panen akan mudah tanpa memilah.

Pakan Belut

Pertumbuhan belut yang cepat atau lambat bisa ditentukan dari pakan yang diberikan. Oleh karena itu, anda perlu memberikan pakan secara teratur dengan perbandingan 5-20% dari berat tubuh belut per harinya. Pakan yang sesuai untuk diberikan kepada belut adalah ulat hongkong, berbagai jenis cacing, ikan cethol, keong, berudu, lambung katak, ikan guppy, atau anakan ikan mas, bisa juga pakan lainnya yang dari hewan kecil.

Perawatan

Cara budidaya belut media air bersih seharusnya dilakukan yaitu dengan mengganti air secara berkala sehingga lendir yang dihasilkan belut tidak mengganggu proses pertumbuhan belut itu sendiri. Pembuatan sistem center drain merupakan solusi termudah dimana anda tidak memerlukan pompa atau penyedot air untuk melakukan pembersihan, cukup membuka lubang pada tengah kolam maka air akan terbuang dan anda menggantinya dengan air bersih.

Panen Belut

Makanan yang tercukupi dan teratur diberikan kepada belut dan perawatan yang baik menjadi cara budidaya belut cepat panen. Biasanya masa panen belut dihitung kurang lebih 4 bulan masa belut dari bibitnya. Untuk bobotnya, sekitar 3-5 ekor belut berbobot 1kg sehingga jika anda memelihara 100 ekor belut dan memiliki bobot yang sama maka anda dapet memanen sekitar 20 hingga 33 kg belut.
Dari keselurahan cara beternak belut diatas sangatlah mudah diterapkan. Selain itu, modal untuk membuat segala pembuatan kolam dan pakan serta perawatannya juga terbilang murah. Lalu tunggu apa lagi, jika peluang tersebut sudah didepan mata mengapa anda masih berpikir untuk tidak mengambil kesempatan yang menghasilkan keuntungan besar.
Fernand J.E Fivie Erlina Saya hanyalah blogger pemula yang hobi menulis dan berbagi pengalaman

0 Komentar