Cara Beternak Lele Dengan Mudah Tanpa Proses Lama

Tidak semua orang ingin bekerja di kantor dengan duduk dan menghadap layar komputer yang terkadang menjenuhkan. Oleh karena itu, mereka lebih memilih melakukan suatu usaha yang menjanjikan dengan biaya yang tidak mengurang kantong serta bisa dilakukan siapa saja, salah satunya adalah dengan melakukan cara beternak lele yang menghasilkan keuntungan yang lebih besar daripada pekerjaan lainnya yang menghabiskan waktu dan tenaga.

Bisnis Dengan Cara Beternak Lele Keuntungan Besar

Dalam menjalankan suatu bisnis, tak jarang banyak orang mengalami kerugian besar, itulah mengapa banyak orang yang mengurungkan niat untuk berwirausaha, selain itu pangsa pasar juga terkadang tidak mendukung padahal jika usaha yang akan anda rintis tersebut dijalankan dengan penuh ketekunan dan pengamatan sebelum dijalankan maka kerugian itu tidak akan dialami. Berikut ini bagaimana anda melakukan budidaya ikan lele dengan baik:

Menyiapkan Kolam
Langkah awal dalam melakukan cara budidaya ikan lele rumahan adalah mempersiapkan kolam untuk beternak lele. Hal yang perlu diperhatikan adalah kolam tersebut dekat dengan sumber air dan dibuat dengan kedalaman 80cm. Kemudian pasang terpal sesuai bentuk kolam lalu berikan kapur dolomit sebagai proses pengapuran menghilangkan penyakit dan mengembalikan keasaman tanah. Selanjutnya diisi air sekitar 30cm untuk pemeliharaan lele.

Baca juga: Cara Beternak Belut Dengan Langkah-Langkah Mudah

Memilih Lele Berkualitas
Jika anda ingin melakukan budidaya lele modern ataupun tradisional tentunya harus tetap memilih indukan yang berkualitas untuk dikembangbiakkan. Pemilihan lele betina yaitu lele dengan kepala cembung, warna cerah, perut lebih mengembang daripada punggung dan alat kelamin berbentuk bulat sedangkan lele jantan adalah alat kelamin runcing dengan warna gelap, perut ramping daripada punggung.

Makanan Lele
Tempat tinggal dan lele berkualitas telah dipilih maka keberhasilan ternak lele adalah pemberian makanan sesuai umur. Jika umur lele baru beberapa hari maka makanan yang bisa diberikan adalah plankton dan cacing kecil. Kemudian pada umur selanjutnya dapat diberikan pakan ikan secara teratur dengan kandungan yang kaya akan protein.

Pemijahan
Setelah memilih lele berkualitas, cara beternak lele selanjutnya adalah melakukan proses pemijahan dengan mengawinkan lele dengan mengamati kelamin lele terlebih dahulu yaitu pada pejantan berwarna merah sementara betina berwarna kuning. Jika proses pemijahan selesai dan berhasil maka sel telur lele menempel pada sarang kemudian setelah 24 jam, telur lele akan menetas dan menghasilkan anakan lele.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Nila Pada Kolam Terpal

Pemisahan Anakan Lele Dengan Induk
Apabila telur telah menetas menghasilkan anakan lele, maka langkah selanjutnya dalam melakukan cara ternak ikan lele dumbo yang baik yaitu memindahkan anakan lele dengan induknya. Caranya adalah mengurangi air yang digunakan untuk menampung lele dari 30cm menjadi 10-20cm. Pemindahan anakan tersebut sebaiknya dilakukan pada malam hari demi menjaga suhu air tetap sama di kolam dan tidak menimbulkan pengaruh buruk pada anakan lele.

Pendederan
Proses selanjutnya adalah membesarkan anakan dengan perawatan dan pemberian makanan dengan teratur. Selain itu, anda perlu menjaga kestabilan suhu air supaya lele bertahan hidup hingga masa panen tiba yaitu dengan memberi penutup seperti enceng gondok. Langkah tersebut bisa menjadi cara budidaya ikan lele 2 bulan panen dengan lele berukuran 5-12cm.
Jika ingin melakukan cara beternak lele seperti diatas dan meletakkan kolam didekat rumah, usahakan selalu membersihkan kotoran-kotorannya karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Cara tersebut dilakukan supaya tidak menimbulkan polusi udara disekitar wilayah tempat tinggal anda dan tidak mendapatkan keluhan dari tetangga yang merasa terganggu.
Fernand J.E Fivie Erlina Saya hanyalah blogger pemula yang hobi menulis dan berbagi pengalaman

0 Komentar