Kemudahan Cara Beternak Ayam Petelur Kualitas Tinggi

Kebutuhan akan telur menjadi sangat tinggi karena saat ini hampir semua makanan berbahan telur sehingga tidak jarang para peternak menaikkan harga guna memperoleh keuntungan. Dalam hal ini, terdapat peluang yang bisa anda lakukan yaitu menjadi peternak ayam petelur. Jika anda tidak mengetahui caranya maka disini kami akan memberikan informasi dan tips bagaimana cara beternak ayam petelur untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menguntungkan.


Cara Beternak Ayam Petelur Cepat Dan Untung Besar Pada umumnya, ayam petelur yang sehat akan menghasilkan banyak telur yaitu sekitar 200 butir per tahun pada seekor ayam petelur saja, tentunya anda dapat menjumlahkan telur yang dihasilkan pada ayam petelur yang anda budidaya tersebut. Selain itu, telur yang dihasilkan tersebut bisa anda panen setiap hari jika ayam petelur sudah siap bertelur. Berikut ini merupakan cara memelihara ayam petelur bagi pemula cara cepat dengan untung besar:

Baca juga: Cara Mudah Budidaya Ayam Petelur Dengan Hasil Menguntungkan

Kandang Ayam
Cara awal berternak ayam petelur adalah membuat kandang terlebih dahulu untuk dijadikan tempat tinggal yang nyaman. Terdapat beberapa tipe kandang yang bisa anda dirikan diantaranya adalah kandang umparan atau koloni dan kandang baterai. Tetapi kandang yang biasa digunakan untuk ayam petelur adalah kandang baterai karena satu kandang diisi oleh satu ayam dengan kemudahan telur dapat diambil tanpa tersembunyi di kerumunan ayam tersebut.

Bibit Ayam Berkualitas
Dalam menentukan ayam yang mampu menghasilkan telur berkualitas diperlukan cara memulai usaha beternak ayam petelur dengan melakukan pemilihan bibit yang berkualitas. Saat ini sudah banyak yang menjual bibit berkualitas yang dijual per box, tetapi perlu anda perhatikan dengan baik bahwa bibit berkualitas dan sehat memiliki beberapa ciri diantaranya adalah berbulu halus, berat badan yang baik dan tidak cacat fisiknya.

Pakan Ayam Petelur
Pakan merupakan cara memelihara ayam petelur agar cepat bertelur . Oleh karena itu, kebutuhan pokok ini tidak boleh sampai terlewatkan setiap harinya karena penentu ayam sehat dan berbadan besar sehingga menghasilkan telur berkualitas tinggi. Pakan terdiri dari dua macam yaitu starter untuk umur 0-4 minggu dan finishing untuk ayam 4-6 minggu. Selain itu terdapat variasi pakan yang sebaiknya diberikan diantaranya adalah tepung ikan, sentrat dan jagung.

Baca juga: Cara Beternak Bebek Kualitas Super

Minum Ayam Petelur
Selain pakan, ayam juga butuh minum yang menunjang proses perkembangannya. Untuk itu, pemberian minum sangat harus diperhatikan seperti pada masa awal ayam masih kecil harus diberikan air dengan campuran vitamin anti stress dan gula. Mengapa diberi anti stress? Dikarenakan ayam yang datang perlu beradaptasi dengan tempat barunya sehingga vitamin tersebut membantu ayam tenang karena jika ayam tersebut stress maka ayam akan mengalami penurunan kualitas telur.

Perawatan Yang Dibutuhkan
Dalam pemeliharaan cara beternak ayam petelur, makan dan minum memang menjadi faktor utama kualitas telur yang dihasilkan tetapi perawatan ayam sangatlah diperlukan agar tidak berpengaruh pada kualitas telur itu sendiri. Perawatan tersebut meliputi kebersihan kandang dari kotoran ayam dan kebersihan dari tempat makan dan minum yang dipakai ayam. Tidak hanya itu saja, vaksinasi untuk melengkapi nutrisi dan vitamin ayam juga dibutuhkan. Dari cara beternak ayam petelur diatas, tentunya akan sangat membantu anda dalam merintis usaha dari nol dan mendapatkan keuntungan yang besar. Ayam petelur yang siap menghasilkan telur biasanya setiap harinya bisa anda panen kurang lebih 3 kali dalam sehari yaitu pada pagi, siang dan sore harinya.
Fernand J.E Fivie Erlina Saya hanyalah blogger pemula yang hobi menulis dan berbagi pengalaman

0 Komentar