Cara Beternak Bebek Kualitas Super

Suatu peluang usaha memang harus dilihat dengan sangat jeli sehingga dapat dijalankan sesuai prosedur yang ada. Oleh karena itu, berikut ini kami akan memberikan peluang usaha cara beternak bebek dengan penghasilan yang besar. Karena sejatinya bebek memiliki dua hal yang dapat digunakan yaitu telur dan dagingnya yang sudah tidak produksi telur atau bebek afkir sehingga tidak akan terbuang sia-sia dan mendapatkan untung yang berlipat.


Kemudahan Cara Beternak Bebek Bagi Wirausaha

Sudah tidak diragukan lagi bahwa suatu usaha yang didirikan dengan keuletan, kesabaran dan ketekunan akan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit sehingga banyak pekerja kantoran beralih berwirausaha demi pendapatan yang lebih. Cara beternak itik untuk pemula berikut ini sangat cocok bagi anda yang baru pertama kali ingin melakukan usaha tanpa kesulitan yang berarti dengan modal yang tidak terlalu besar.

Baca juga: Cara Budidaya Belut yang Perlu Kamu Ketahui

Kandang Bebek

Cara beternak bebek yang pertama adalah membuat kandang dan menentukan lokasi yang sesuai untuk memelihara bebek dalam jumlah banyak. Pastikan lokasi yang akan didirikan kandang terbebas dari predator dan tidak mengganggu sekitarnya. Suhu dalam kandang sebaiknya kurang lebih 39 derajat Celsius dengan kelembabannya antara 60-65%. Ukuran kandang dengan bebek yang diperlukan untuk 100 ekor bebek dewasa adalah 7-10 meter.

Bibit Bebek

Memilih bibit yang berkualitas tentunya akan berpengaruh besar dalam perawatannya. Oleh karena itu, ada 3 bibit yang bisa anda pilih yaitu telur tetas yang berasal dari induk yang unggul, memelihara indukan yaitu pejantan dan betina untuk dikawinkan dan merawat DOD (Day Old Duck) yang bisa anda peroleh dari supplier dengan kualitas unggulnya sebagai cara budidaya bebek cepat besar.

Baca juga: Cara Beternak Lele Dengan Mudah Tanpa Proses Lama

Perawatan Bebek

Dalam pemeliharaan bibit bebek, anda harus memperhatikan beberapa hal yaitu temperatur kandang, pakan dan minumnya sebagai salah satu cara memelihara anak bebek agar tidak mati. Setelah besar dan bisa dijadikan indukan maka perlu dipilah untuk dijadikan bebek yang menghasilkan telur konsumsi dan bebek yang memproduksi telur untuk ditetaskan. Untuk bebek yang dijadikan induk untuk menetaskan telur harus terdapat pejantan dan betina dengan perbandingan pejantan 1 dan betina 5.
6. Pakan Yang Harus Diberikan
Sebagai cara merawat anak bebek ataupun sudah besar tentunya harus memperhatikan asupan yang masuk kedalam tubuh bebek. Hal tersebut berguna agar menghasilkan bebek dan telur yang berkualitas tinggi. Pakan yang diberikan sebaiknya memenuhi kandungan protein sekitar 17%-20% yang bisa didapatkan dari kulit udang, bekicot, kerang, keong dan ikan, sedangkan kebutuhan energi 2700-2800 kkal bisa dari sumber karbohidrat seperti jagung, menir dan dedak.
7. Masa Panen Telur
Pada bebek yang menghasilkan telur untuk dikonsumsi memerlukan sekitar 6 bulan keatas sehingga bebek menghasilkan telur setiap hari. setelah bebek menghasilkan telur, maka cara memanennya harus dilakukan sekitar pukul 06.00-07.00 saat bebek dikeluarkan dari kandang tempat istirahat sehingga anda tidak akan kesusahan mengambilnya. Untuk peralatannya, anda memerlukan wadah berbentuk cekung untuk menampungnya.

Cara beternak bebek diatas merupakan cara yang biasa dilakukan dan menghasilkan keuntungan besar jika anda melakukannya dengan penuh ketekunan. Selain itu, supaya bebek menghasilkan telur dan daging yang baik maka anda harus memberikan makan secara teratur sebayak 2-3 kali per harinya yaitu pada pukul 07.00, 12.00 dan 17.00. Tidak hanya itu saja, kebersihan kandang dan pemberian vaksin juga menentukan kesehatan bebek yang anda pelihara.
Fernand J.E Fivie Erlina Saya hanyalah blogger pemula yang hobi menulis dan berbagi pengalaman

0 Komentar