Cara Mudah Budidaya Ayam Petelur Dengan Hasil Menguntungkan

Mencari peluang usaha yang mampu membawa anda menjadi sukses dengan keuntungan yang relatif besar, coba anda lakukan budidaya ayam petelur. Telur menjadi bahan makanan yang paling laku di pasaran baik tradisional maupun modern, itulah mengapa antara permintaan pasar dan tersedianya telur di kandang tidak seimbang. Masih sangat diperlukan banyak pengusaha untuk melakukan ternak ayam petelur ini.

Beberapa Langkah Dalam Budidaya Ayam Petelur Kualitas Baik

Dalam melakukan usaha jenis apapun, anda perlu beberapa pengamatan sebelum menjalankannya. Mengapa perlu dilakukan pengamatan? Supaya anda mengetahui bagaimana melakukan tindakan jika terjadi beberapa hal sehingga mudah diatasi dengan baik. Begitu pula dengan ternak ayam petelur bagi pemula, cara tersebut sangat efektif dilakukan supaya usaha tidak menemukan kendala yang berarti.

Baca juga: Kemudahan Budidaya Semut Rangrang Dengan Keuntungan Yang Menggiurkan

Lokasi Kandang

Memilih lokasi yang strategis untuk membangun kandang merupakan langkah awal yang harus anda perhatikan jika ingin membudidayakan ayam petelur. Sebisa mungkin jauhkan dari pemukiman warga karena kandang ayam tentu saja menghasilkan bau kotoran yang menyengat. Selain itu, keramaian di perkampungan tersebut akan membuat ayam petelur stress sehingga tidak akan menghasilkan telur dengan maksimal.

Baca juga: Cara Beternak Ayam Potong Dengan Langkah Mudah

Bibit Berkualitas

Terdapat dua pilihan untuk memilih bibit ayam yang berkualitas dalam beternak ayam petelur kecil-kecilan ataupun besar diantaranya adalah ayam lehorn dan ayam medium. Perbedaan kedua jenis ayam tersebut adalah warna dan postur badannya, ayam lehorn memiliki bulu berwarna putih dan badan lebih kurus daripada ayam medium sedangkan ayam medium berwarna coklat dan sangat gemuk dengan produksi telur lebih banyak.

Kebersihan Kandang

Faktor utama yang harus diperhatikan dalam melakukan usaha beternak adalah kebersihan kandang tersebut. Mengapa demikian? Karena ayam membutuhkan kenyamanan untuk menghasilkan telur berkualitas. Produksi ayam petelur akan maksimal jika kebersihan kandang diperhatikan dengan sebaik-baiknya yaitu pada pagi dan sore hari. Pastikan juga wadah minum dan makanan ayam bersih tanpa kotoran agar tidak terjangkit penyakit.

Pakan Berkualitas dan Sehat

Dalam melakukan budidaya ayam petelur, perlu memilih pakan yang berkualitas supaya telur yang dihasilkan dalam jumlah banyak dan berkualitas. Untuk itu, pilihan pakan yang sehat seperti tepung ikan, sentrat dan jagung giling perlu dilakukan. Hal tersebut dikarenakan supaya nutrisi yang diperlukan oleh ayam petelur dapat terpenuhi. Selain itu, intensitas pemberian pakan harus dilakukan tiga kali sehari beserta minumnya pula.

Pemberian Suplemen atau Vitamin

Pemberian makan dan minum untuk meningkatkan telur pada ayam petelur memang sangatlah penting, namun anda perlu memberikan vitamin juga supaya ternak ayam tidak terserang penyakit. Suplemen atau vitamin merupakan senyawa organik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, B, C, D, K dan Protein. Keseluruhan vitamin tersebut berfungsi agar ayam tidak mudah sakit dan banyak menghasilkan telur.

Panen Telur

Dalam memanen telur pada ayam petelur biasanya dilakukan ketika ayam sudah berusia 18 minggu ke atas. Pada umur tersebut, biasanya ayam sudah mulai memproduksi telur dengan baik dan anda bisa memanennya sebanyak 3 kali sehari baik pada pagi, siang atau sore hari. Telur yang baik adalah bentuknya yang oval, berkulit tipis dan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air.

Beberapa langkah budidaya ayam petelur diatas, dapat dengan mudah anda pelajari dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan usaha yang tepat serta keuntungan yang besar jika dilakukan dengan ketekunan. Selain itu, melakukan ternak ayam petelur lahan sempit ataupun luas tidak menjadi hambatan yang berarti jika anda mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah yang akan muncul sekalipun.
Fernand J.E Fivie Erlina Saya hanyalah blogger pemula yang hobi menulis dan berbagi pengalaman

0 Komentar